ANEKA KULINER
Disini anda bisa liat berbagai resep masakan indonesia&mancanegara,bersumber dari berbagai majalah resep makanan serta media lain.....
1.MASAKAN EROPA
Pasta Kentang Brokoli
Ayo siapkan pinggan wadah alumunium, dan kita mulai membuat resepnya.
Huzarensla
Daging burger bisa diganti daging lainnya, misalnya sosis, potongan daging, atau ikan.
Mashed Potato Saus Jamur
Setelah saya bereksperimen membuat Mashed Potato,ternyata mashed potato yang satu ini rasanya Creamy banget loohh.., cobain aja deh
Kentang Goreng a la Jerman
Resep ini saya dapatkan dari teman jerman saya, Anna Greve. Yang paling mengesankan buat saya adalah..
Spaghetti with Meatballs
Preheat oven to 400F. Finely chop onion and garlic and place in a mixing bowl. Add all other ingredients and
Spaghetti and Meatsauce
Set bacon aside and crumble. Brown ground beef in bacon fat.
New Yorker Style Spaghetti
Bring pan of water to boil. Wash broccoli and cut flowerettes off stalk leaving about 1" of stem on each
Italian Spaghetti Carbonara
In a large saute pan, cook pancetta over a medium flame to render the fat and crisp the pancetta. Set
Springtime Risotto
In a food processor, put the 2 Tbsp butter, parsley, chives, mint and garlic and process to almost a paste.
Risotto Verde
When adding the last half-cup of broth, stir in the asparagus spears and cook until the broth has been absorbed
Creamy Corn And Garlic Risotto
Stir in remaining broth; heat to boiling. Reduce heat to medium.
Asparagus Risotto
Bring chicken broth to a boil in a saucepan. Turn down to a simmer.
Roasted Vegetable Pizza
Roll pizza dough onto large baking sheet coated with cooking spray; fold under edges of dough to form an 11-inch
Italian Deep Dish Pizza
Lightly oil a 12 inch deep dish pizza pan with oil. Sprinkle lightly with cornmeal.
Rasta Pasta
In a medium saucepan, heat the Alfredo sauce over medium heat. Whisk in the pesto and heat 2 minutes. Stir
Pasta with Creamy Chicken Sauce
In a saucepan melt butter. Add flour and stir to combine. Add broth, a little at a time, stirring. Bring
Pasta Primavera
Cook fettuccine in boiling salted water until al dente.
Broccoli and Beef Pasta
Combine meat garlic in large nonstick skillet; cook over high heat until meat is no longer pink, breaking apart with
Vegetable Lasagna
Blanch broccoli and cauliflower. Run cold water over to stop the cooking

Italian Lasagna
Boil 12 lasagna noodles until very ala dente. Drain and set aside.



2.MASAKAN ASIA
Ayam Lemon
Variasi resep ayam, asal kreatif, hidangan dari bahan ayam bisa bermacam bentuknya.
Kepala Cumi Goreng Garing
Yuk, ini saya tambahkan kepala cumi goreng garing sebagai pelengkap hidangan di akhir pekan..
Mi Yamin
Salah satu koleksi Chinese Food favorit saya, melihat gambarnya saya, terbit air liur..nyam nyam
Cah Ayam Jamur
Kombinasi ayam dan sayuran, terkenal dengan nama Cah Ayam Jamur, gurih nan lezat
Ayam Sechuan
Ayam jika diramu secara kreatif bisa jadi hidangan yang beraneka rupa,unik, dan lezaaattt...
Ayam Kuluyuk
Ayam kuluyuk hasil uji coba, tapi tidak mengecewakan lah..
Beef Teriyaki
Daging dipotong menjadi 6 bagian (jangan terlalu tebal), lalu tusuk dengan tusukan sate menjadi 3 tusuk.
Spicy Chicken Wings
Trim and separate the wing bone from the drummette.
Heat the oil to 370 F. Deep fry the wings a feww



3.MASAKAN INDONESIA
Lodeh Campur
Kembali ke citarasa Indonesia, Lodeh campur hadir sebagai hidangan makan siang yang menimbulkan selera. Segarnya..
Rempeyek Tempe
Buat yang suka kriuk-kriuk dikala makan, rempeyek tempe ini cocok buat teman makan..
Sayur Bobor
Udah lupa ya sama sayur bobor? Sayur segar bikinan ibu sewaktu kita masih kecil, nostalgia yuk..
Dadar Tempe
Kreasi resep masakan asli khas indonesia, DADAR TEMPE. Bahan dasarnya tempe, tampilannya beda!
Tumis Tahu Kacang Mete
Tumis tahu dan kacang mete? kaya apa ya jadinya? pastinya, lezattttt
Tumis Tahu Kacang Mete
Tumis tahu kacang mete, sedap disajikan ketika hangat.
Rujak Tahu
Rujak Tahu, pedas nikmat disantap di siang hari, atur pedasnya, jangan sampai perut melilit..
Sayur Asam
Sayur asam yang biasa terhidang di meja makan kita, kaya apa sih benernya resepnya?
Lontong Kare Tahu
Lontong kari di pagi hari, teman sarapan yang setia menemani di pagi hari
Selada Tahu Buah Segar
Selada unik, perpaduan tahu dan buah segar? wahh kaya apa ya?
Tempe Mendoan
Tempe mendoan goreng panas, sajian tepat untuk cemilan sore hari.
Sayur Bening
Jagung manis dapat juga dipipil atau menggunakan jagung manis pipilan dalam kaleng.
Selada Buah
Selada Buah disajikan dalam keadaan dingin, penyegar di hari yang panas..
Sayur Daun Singkong
Tampilan sayur daun singkong yang ini sungguh menggoda.. hahaha
Bumbu Dasar Kuning
Bumbu ini penting untuk sebagian masakan yang ada di website ini.
Perkedel Tempe
Intinya, asal kreatif, menu mah bisa dibikin variasi..
Trancam
Siapkan pinggan, tata trancam dan lengkapi dengan daun kemangi dan jeruk limau.
Bumbu Dasar Merah
Bumbu dasar merah ini banyak dipakai pada resep-resep makanan yang umum.
Sup Krim Kentang Dan Jagung
Sajikan hangat, taburi dengan peterseli cincang dan irisan daging asap
Botok Jagung Jamur
Jangan lupa siapkan daun pisang dan lidi sebagai penyemat
Nasi Telur Asam Manis
Taruh nasi dalam mangkuk, tata telur, tuangkan saus dan isiannya.
Selada Sayuran
Tempatkan selada sayuran dalam sebuah mangkuk, tata rapi supaya menarik.
Nasi Tahu Jamur
Dari bahan-bahan yang tersedia di kulkas, tercipta sajian unik buat hari ini.
Urap Sayuran
Menu yang sering sekali mampir di meja makan waktu saya kecil, awalnya ga doyan, tapi sekarang, slurpp..
Nasi Goreng Kacang Polong
Nasi goreng banyak modifikasinya lho, salah satunya ya yang satu ini..
Kalio Telur
Buat pilihan, setelah di rebus, telur dapat saja di goreng dulu.
Loaf Tahu Telur
Variasi hidangan tahu, biar ga bosan sering-sering ketemu tahu.
Cumi Masak Saus Tiram
Cumi nya di kerat sedikit agak dalam biar keratannya tampak.
Cumi Goreng Bumbu Lengkuas

Tinta cumi sebaiknya dibuang agar warna cumi tetap cantik.
Botok Tempe
Keingat hidangan meja makan pas waktu kecil, nyokap sering banget bikin ginian. Ayo kita coba bikin...
Kakap Goreng Tepung
Nah ya, kakap digoreng tepung, disajikan panas, sangat membangkitkan selera..
Pepes Tahu Telur Asin
Pepes Tahu isi Telur asin, kombinasi hidangan yang unik dan menarik.
Cumi Rica Rica
Cumi rica-rica nan menggugah selera, bikin lidah bergoyang, dan perut berdansa..
Tahu Gimbal
Pernah ke Semarang? di seputaran jalan Pahlawan, terdapat banyak sekali penjual Tahu gimbal ini, bagi yang belum pernah, gak ada
Mie Ayam Kampung
Makanan yang satu ini sudah familiar banget sama lidah orang indonesia, coba bikin yuks..
Lontong Isi
Resep Jajanan yang satu ini rasanya sayang kalau di lewatkan, saya posting disini sebagai pelengkap koleksi resep Masakan Indonesia.
Lemper Ayam
Siapa sih yang ga tau lemper? Makanan yang satu ini memang unik, tidak pernah bosan kita memakannya. Sekarang saatnya mencoba
Pastel Kering Isi Sambal Ebi
Saya sih tidak terlalu nge-fans dengan pastel, tapi untuk pastel yang satu ini, rasanya kok beda ya...
Gimbal Udang
Favorit saya sewaktu kecil, mudah di buat dan nikmat, gampang di kreasikan, silahkan coba..
Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri
Siomay Asli Rasa Ikan Tenggiri Lho,bukan rasa tepung kayak di abang-abang tukang tipu.
Nasi Goreng Ikan Asin & Petai
Ada beberapa orang yang ngerasa turun derajat kl makan ikan asin petai. But not for me, makan nasi goreng ikan
EMPAL BALADO
resep tanpa ukuran karena dah kebiasaan masak ini asal cemplang cemplung, plus icip-icip.
Telur Tersembunyi
Telur mengandung protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Namun seringkali telur merupakan hidangan yang membosankan.
Tumis Kakap Lada Hitam
Sering kita dengar, sapi lada hitam, steak ayam lada hitam dan lainnya.Kepikir ngak sih kalau ikan dimasak lada hitam juga
Udang Pedas
Udang yang diolah dengan bumbu pedas ini, sangat lezat.
Tumis Cakalang Asap
Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang merah, cabe merah dan hijau, tomat, masak sampai layu
Ayam Kodok
Kuliti ayam ...hati2 jangan sampai sobek kulitnya ...sisakan sayap dan paha bawah
Rolade Daging
Telur dibubuhi garam dan merica, beri sedikit air kemudian dibuat dadar tipis-tipis
Bakwan Indomie
Rebus indomie hingga matang, tiriskan
Kocok telur, masukkan mie rebus yg telah ditiriskan, kornet, dan bumbu indomie.
Otak-Otak Pelepah Jamur
campur daging ikan, daging udang, tepung sagu, gula pasir, garam dan lada blender hingga kalis tidak lengket)
Ikan Asin Pedas
Siram ikan asin jambal/gabus dengan air mendidih, biarkan hingga dingin, lalu cuci, tiriskan.
Gulai Kepala Ikan
Lumuri kepala ikan kakap dengan air jeruk nipis dan 1/2 resep garam hingga rata, biarkan 1/2 jam, tiriskan, lalu lumuri
Ikan Kuah Asam
lumuri ikan dengan minyak goreng, air asan dan 1/2 sdm garam hingga rata kemudian diamkan 20 menit dan bakar hingga
Sasate Bandeng
Bersihkan bandeng, insang dan kotorannya lewat insang (jangan merobek perut ikan).
Bandeng Bumbu Bali
Lumuri ikan dengan bahan II diamkan 15 menit, kemudian goreng dengan minyak yang sedang panasnya hingga kecoklatan
Woku Ikan Dibelanga
Panaskan minyak tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum dan matang kemudian masukkan serai, daun jeruk, daun kunyit, daun bawang, aduk
Ayam Bakar Padang
Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng beserta kayu manis, cengkeh, daun jeruk, daun kunyit dan daun sereh hingga harum
Ayam Kecap Jeruk Limau
Tumis bawang putih dan bawang bombai dengan mentega hingga harum
Ayam Goreng Terasi
Rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu yang dihaluskan, daun pandan dan kecap ikan.
Empek-empek Telur
sama seperti resep dasar, tapi adonan tidak dibentuk lonjong. Telur rebus dikupas, lalu bungkus dengan adonan empek empek sampai telurny


Empek-empek Lenggang
Ikan setelah dicuci bersih, belah lalu ambil dagingnya dengan cara dikerok dengan sendok. Campurkan ke tepung kanji, aduk aduk, lalu
Rujak Cingur
Rebus kangkung, taoge dan kecipir hingga matang, angkat.
Tempe Bacem
Iris tempe setebal kira-kira 1 cm,Haluskan ketumbar, bawang putih dan garam
CAH SAPI LADA HITAM
Daging sapi digoreng setengah matang, kemudian angkat dan tiriskan
Fu Yung Hai
Kocok Telur yang telah dicampur garam, merica dan penyedap masakan.
Baso
Bawang putih, merica dan bawang merah goreng yang sudah dihaluskan dicampurkan dengan tepung tapioka, ditambah air.
GEPUK KARAPITAN
Daging sapi dipotong. Kemudian daging direbus setengah matang tanpa bumbu.
Ayam Goreng Kalasan
Bersihkan ayam dan belah menjadi dua. Rebuslah ayam dengan air kelapa, soda kue, bawang putih dan garam sampai empuk dan
Bistik Lidah Saus Santan
Tumis irisan lidah di mentega. Kini buat sausnya. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, jahe kunyit, lengkuas. tumis hingga
Lodho Ayam
Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri dan kunyit. Tumis bersama salam, serai, jahe, daun jeruk. Tuangkan santan. Aduk rata.
Sayap Isi Daging Asap
Sayat sayap ayam di kedua ujungnya dengan bantuan ujung pisau yang tajam. Tarik tulang sayap hati-hati, jaga kulit tidak sobek.
Iga Sapi Bumbu Serai
Aduk rata bumbu halus, saus ikan, minyak wijen, minyak kacang, biji wijen, cuka, air jeruk nipis dan garam.
Soto Pekalongan
Soto: didihkan air, lalu masukkan daging sapi, daun salam, lengkuas, dan pala bubuk, rebus hingga daging lunak. Angkat daging, potong
Sambal Goreng Paru
Paru dan kentang digoreng 3/4 matang, tumis bumbu yang dihaluskan beserta lengkuas dan salam dengan minyak goreng hingga harum dan
Pelecing Ayam
Ayam dilumuri dengan air garam, diamkan 15 menit. Kemudian dibakar hingga 3/4 matang.
Masak Ikan dibotoh
Panaskan santan encer hingga mendidih masukkan ikan, bumbu yang dihaluskan, sereh hingga ikan setengah matang.
Pangek Ikan
campur ikan, minyak goreng semua bahan dan bumbu yang dihaluskan, kemudian masak di api kecil hingga harum dan kuah tinggal
Udang Petai Balado
Cuci dan tiriskan udang, lalu goreng hingga matang, angkat, tiriskan.
Palai Udang Segar
Campur semua bahan, aduk rata dibagi menjadi enam bagian
Sup Kerang Hijau
Panaskan minyak, hingga panas benar. Kemudian tumis bawang putih hingga kekuningan, masukkan kecap asin, cabe giling dan sereh hingga matang.
KALAU YANG SATU INI KULINER ASLI CILACAP


Foto tim cilacapmedia.com
mie ayamMasyarakat tentu tidak asing dengan mie ayam. Salah satu makanan goyang lidah yang dikonsumsi dan digemari semua kalangan. Untuk mendapatkannya pun tidak terlalu sulit, pedagang keliling hingga rumah makan mewah kini banyak dijumpai.

Bagi anda penggemar mie ayam dan suka berkelana mencari suasana baru, belum maknyus rasanya kalau belum berkunjung dan menikmati mie ayam “Wetan Kali”. Mungkin bagi sebagian kalangan mie ayam “Wetan Kali” sudah tidak asing lagi, karena memang cita rasanya yang tinggi.

salah satu..masakan buat penenang perut..yang lagi keroncongan..yaitu mie ayam cilacap

Kepiting Saos Kalingga’’












CILACAP – Saat ini banyak dijumpai rumah makan berskala besar maupun warung makan kecil kelas kaki lima yang menyajikan menu seafood yang berada di dalam maupun diluar kota Cilacap. Meski menu sama, namun warung makan seafood "Kalingga" ini menyajikan menu andalan sari laut "Kepiting Saos Kalingga" yang tidak dapat dijumpai di tempat lain.

KUE SERABI
Serabi












CILACAP - Beberapa orang terlihat menunggu kue serabi itu masak, menikmati kue serabi dalam keadaan masih hangat pasti menjadi sebab mereka rela menunggu kue diangkat dari wajan. Nikmat rasanya, terlebih disantap usai jalan-jalan pagi selepas subuh.


Gurihnya Gorengan "Gembus"














"Monggo bu…gembuse tesih anget niki, tembe kemawon ngentas," sapa hangat lelaki tua yang juga tengah sibuk menusuk-nusuk wajan penggorengan dengan kedua stik ditangan.


AYAM MBOK BEREK

Waah seneng banget nih nemu resep ini. Soalnya beberapa kali nyoba resep ayam kremes/ ala Mbok Berek yang resepnya ada di majalah atau buku resep tapi hasil kremesnya gak bagus. Rupanya kuncinya ada di baking powder ternyata… eh ada di larutan lem kanji juga sih sepertinya. Resep ini saya dapat dari blognya Mba Vitri Sidharta…disana ditulis lengkap beserta foto step by stepnya hanya bukan ala Mbok Berek tapi Mbok Piti tapi kira-kira begitulah rasanya mirip dengan yang di Mbok Berek :) … makasih ya Mbak Vitri, rajin-rajin buat step-step memasaknya nanti saya contek :)
Resepnya saya copy paste dari site-nya Mba Vitri berikut :

1 ekor Ayam utuh berat sekitar 1,4 kilo, potong2
3 buah Paha Ayam, potong2
1 pack Hati ayam seberat 500 gr
1 buah Tahu, iris - iris

Bumbu :
125 gr Bawang putih
80 gr Kemiri
4 sdm / 60 gr Garam
1,5 sdm / 9 gr Ketumbar bubuk
2 sdm Gula pasir
1 sdt / 5 gr Vetsin (boleh dikurangin ato gak usah pake sama sekali kalo mao sehat hehe)
1 blok Maggi Kaldu Ayam (gak usah juga gpp, tapi berhubung ini produk udah mendarah daging hihihi jadi pake deh dimana2 masakan)
Air secukupnya

Adonan Kremes untuk 750 ml air rebusan ayam:
9 sdm Tepung Tapioka
3 Tepung Beras
Lem Kanji dibuat dari 4 sdm tapioka dan 300 ml air yg dimasak
3 sdt Baking Powder

Cara membuat:
Selengkapnya disertai foto step by step bisa lihat di blognya Mba Vitri disini

Ringkasan cara membuatnya kira-kira :

- Ayam beserta bumbu halusnya direbus dengan presto kira-kira 20 menit dari sejak presto berdesis
- angkat ayam sisihkan
- buat larutan kanji
- ambil 750 air rebusan ayam lalu tuangi dengan bahan-bahan kremes … staff mixer hingga tercampur semua
- celupkan ayam dalam adonan kremes lalu goreng dengan minyak panas…api tidak terlalu besar

Posted: August 24, 2008 Comments (0)

UDANG MAYONES

Kalau ingat udang mayones ini pasti ingat ‘Raja Thai’ yang raib entah kemana sekarang, soalnya pertama kali ketemu menu ini ya di Raja Thai itu. Googling di internet lalu dapat resep ini yang sumbernya dari majalah Kartini. Setelah dicoba memang mirip rasanya dengan yang di ‘Raja Thai’ itu, senengnya dapat tambahan resep sebagai variasi masakan udang.

Bahan :
250 gr udang besar, buang kepala, sisakan buntutnya, belah punggung tidak putus
150 gr tepung sagu
1 btr putih telur
3 sdm wijen, sangrai sebentar
1/2 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
garam secukupnya4
minyak untuk menggoreng

saus mayones :
150 gr mayones siap pakai
5 sdm susu kental manis
2 sdt air jeruk lemon

Cara Membuat :
1. Campur mayones, susu kental manis dan air jeruk lemon, aduk rata, sisihkan
2. Cuci bersih udang, rendam dengan bumbu2, biarkan 10 menit hingga bumbu meresap
3. Celupkan udang ke putih telur, lalu gulingkan ke tepung sagu satu persatu hingga udang habis
4. Panaskan minyak, goreng udang hingga matang dan bewarna kuning kecokelatan, angkat, sisihkan
5. campur udang goreng dengan mayones, aduk rata, taburi dengan wijen
6. Sajikan dengan saus sambal

Posted: Comments (0)

MIE AYAM ala BAKSO TASIK ‘dikit’

Resep mie ayam yang mirip-mirip ‘Bakso Tasik’ jajanan favoritnya Rafdi sewaktu di Indonesia. Kalau Rafdi lagi kangen pulang ke Indonesia bakso Tasik salah satu yang disebut-sebut selain tentu ketemu keluarga dan saudara-saudaranya disana. Yang jadi ciri khas dari mie ayam ‘Bakso Tasik’ ini adalah mie nya yang khusus untuk mie ayam berwarna putih juga bumbunya yang lain rasanya dibanding mie ayam pada umumnya. Kalau mie tasik yang aslinya di Bogor, mie-nya bikin sendiri yang gak ada di tempat lain selain itu ada tambahan babatnya yang rasanya enak banget dan agak renyah, mhmm nyam-nyam …

Bahan :

Mie khusus untuk mie ayam saya pake merk ‘Wok Express’ soalnya rasanya mirip-mirip mie tasik asli
500 gram fillet ayam, potong dadu kecil
1 kotak besar jamur champignon potong kecil juga
6 siung bawang putih
1 potong jahe di geprek
3 sendok makan kecap asin
2 sendok makan kecap manis
garam, merica, gula (pengganti vetsin)
2 sendok makan tepung sagu
air/kaldu kira-kira aja jangan terlalu banyak
minyak wijen/minyak sayur

pelengkap :

bawang goreng
irisan daun bawang
irisan cabe rawit/sambal botol
bakso dan pangsit
pak soy

Cara membuat :

- rebus mie lalu setelah matang beri minyak wijen/minyak sayur, sisihkan
- lumuri ayam dengan tepung sagu lalu beri kecap asin dan merica
- Tumis bawang putih dan jahe sampai harum, masukkan ayam, aduk hingga berubah warna lalu masukan jamur
- Tambahkan kecap asin dan manis, tambahkan air/kaldu, garam, merica, masak sampai bumbu meresap dan ayam matang.

Penyajian :
Taburi mie dengan ayam yang telah dimasak tadi lalu beri paksoy taburi daum bawang dan bawang goreng terakhit tambahkan bakso dan pangsit.

Posted: Comments (0)

HOT BROWNIE ICE CREAM

Resep ini terinspirasi dari ice cream browniesnya Haagen Dazs. Brownies yang hangat dipadu dengan ice cream lalu diberi topping seperti taburan coklat, kacang, gula-gula, hazelnut dll suka-suka. Resep browniesnya didapat dari internet sementara variasinya ngarang sendiri biar mirip-mirip yang dijual Haagen Dazs gitu :D

Bahan :

Brownies (lihat resep)
Ice cream stracciatella atau ice cream vanili juga bisa tapi aku pake stracciatella
Butiran coklat untuk taburan atau meises
Cincangan kacang mede
Gula-gula
Whipped cream

Cara membuat :

- Brownies yang masih hangat di beri ice cream stracciatella
- beri cincangan kacang mede
- semprotkan whipped cream di atasnya
- taburi meses dan gula-gula
- sajikan dengan hiasan sesuai selera, supaya menarik terutama buat anak-anak

Brownies :

Bahannya :
4 butir telur
60 gram coklat bubuk
400 gr gula pasir
210 gr tepung terigu
225 margarine yang sudah dicairkan
1 sdt garam
3 tetes vanili cair
kacang mede atau choco chip sebagai campuran, banyaknya sesuai selera aja

Cara Membuat Brownies :
- Kocok telur dengan gula pasir hingga mengembang
- Masukan semua bahan lainnya aduk perlahan hingga tercampur
- Olesi loyang dengan mentega, panaskan dahulu oven
- Masukan adonan brownies ke dalam loyang lalu panggang dengan suhu oven 150 derajat selama 50 menit

Posted: September 30, 2007 Comments (0)

SALAD BUAH SAUS LEMON

Salad buah ini variasi kalau lagi bosen makan buah segar to. Rasanya manis asem seger. Aroma yang dominannya aroma buah rambutan. Sebenarnya niruin sajian buah di sebuah restoran China di Paris sih :D

Bahan :

1 kaleng buah rambutan
2 buahkiwi gold potong-potong
melon potong kotak-kotak
mangga manis (karena salah beli mangganya asem jadi gak dipake)
biar tambah warna warni bisa pake strawberry tapi karena dirumah pada gak suka krn asem jadi gak pake deh
1 sdt air jeruk lemon
bisa juga pake nanas atau semangka tapi nanas disini ribet harus ngupas sendiri jadi gak pake deh, hehehe…)

Cara Membuat :

- Campur semua bahan buah
- tuangi air sirup rambutan
- bubuhi air jeruk lemon, praktis dan segeer

Posted: Comments (0)

GURAME TAUCO

Gurame tauco merupakan menu ikan favorit di Bambu Tirza. Kalau makan disana selalu pilihannya jatuh pada ikan gurame ini. Karena gak bisa beli lagi sekarang aku buat aja sendiri, lumayan lah mengobati kangen. Tapi maaf nih foto guramenya agak-agak beleketrek hehehe…soalnya motonya malem sih jadi hasilnya kurang oke gitu (ngeles !).

Bahan :

2 ekor ikan gurame ukuran besar (disini namanya Tillapia)
5 buah jamur champignon potong bagi empat bagian
2 siung bawang putih geprek, 3 siung bawang putih diiris
5 bawang merah diiris kasar
1 bawang bombay besar diiris juga
4 cabe hijau potong-potong
4 cabe merah potong-potong juga
daun bawang iris secukupnya
2 cm jahe geprak
3 sdm kecap manis
1 sdm soy souce
3 sdm tauco
1 buah tomat potong kotak-kotak
1 sdm kecap ikan
150ml air
1/2 sdm tepung maizena, larutkan dengan air
1 sdm air jeruk lemon

Cara Membuat:

- Bersihkan ikan lumuri air jeruk lemon dan garam, diamkan beberapa saat
- goreng ikan hingga kering, sisihkan
- tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay sampai harum, masukan jahe, cabe merah dan hijau
aduk hingga harum
- bubuhi tauco, kecap manis, kecap ikan, soy souce lalu tambahkan air, daun bawang dan tomat
- taungi larutan maizena, masak hingga mendidih, angkat dan perciki jeruk lemon
- taruh ikan di atas piring lebar lalu siram bumbu tumis tauco di atasnya

Posted: Comments (0)

ASINAN SAYUR GEDUNG DALAM

Ceritanya sih pengen niru asinan sayurnya Gedung Dalam yang terkenal itu, tapi apa daya gak persis sama rasanya. Nebak-nebak sih mungkin dari cukanya yang khas kali ya, yang entah jenis cuka apa yang dipakai asinan Gedung Dalam beneran. Gak apa-apa deh daripada ngidam asinan itu tapi gak kesampaian, ya udah bikin aja asinan Gedung Dalam jadi-jadian, hehehe tapi enak juga kok :D

Bahan :

- kol iris tipis
- tauge
- wortel, serut memanjang seukuran korek api
- timun
- 1 bungkus sawi asin, iris kasar
- 1 buah tahu putih

Bumbu :

6 buah cabe merah
1 cabe rawit
1 siung bawang putih
2 sdm gula jawa
1 sdt terasi
ebi sedikit aja seduh air panas lalu tiriskan
cuka secukupnya
gula pasir dan garam sesuai selera
air secukupnya

Pelengkap : Krupuk mie

Cara Membuat :

- haluskan bumbu lalu rebus, tambahkan gula pasir, garam dan cuka
- biarkan sampai dingin sebelum disiram ke bahan asinan supaya bahan gak layu
- setelah dingin baru campur antara bahan asinan dan bumbu tadi
- sajikan dengan krupuk mie

Posted: September 26, 2007 Comments (0)

GULAI KIKIL

Waktu masih di Indonesia, kalau di rumah gak masak sering banget nih beli menu padang di Trio. Yang dibeli apalagi kalo bukan gulai kikil dan ayam pop. Lagi Ramadhan disini pengen banget rasanya menyajikan makanan ala restauran Padang itu, dibuatlah gulai kikil tadi walaupun ayam popnya belum sempat buat karena belum dapat resep yang persis atau mendekati rasa ayam pop Trio.

Bahan :

500 gr kikil
800 ml santan
3 lbr daun jeruk
1 batang serai, memarkan
1/2 sdt pasta asam/asam biasa (kalau ada sih asam kandis ya)

Bumbu Halus :

8 bawang merah
5 bawang putih
5 buah cabe merah (buang bijinya)
1/2 sdt kunyit bubuk
2 cm jahe
2 cm lengkuas
1/2 sdm garam

Cara Membuat :

- Rebus kikil (pake panci tekan 20 menit aja)
- tumis bumbu halus lalu tambahkan serai, daun jeruk hingga harum
- tambahkan kedalam tumisan santan hingga mendidih
- masukan kikil lalu tambahkan asam, masak hingga bumbu meresap tapi jangan sampai kering airnya

Posted: Comments (0)

WONTON KUAH

Wonton kuah ini pada dasarnya seperti membuat pangsit ayam tapi gak digoreng gitu. Makanan ini bisa jadi alternatif olahan ayam walaupun isinya bisa juga seafood seperti udang atau rajungan. Di food court Lucky Plaza, Singapura banyak dijumpai masakan jenis ini walau harus hati-hati takutnya gak halal jadi yang paling aman sih kalau bingung nyari makanan halal disana, pilih yang isinya seafood dan kuahnya vegetable. Resep ini resep nemu di internet tapi lupa sumbernya saking banyaknya klak klik resep-resep masakan :D

Bahan :

Kulit pangsit/wonton
350 gr ayam giling
2 sdm tepung tapioka
2 btr telur
1 sdm soy sauce
1 sdm saus tiram
1 sdm merica bubuk
1 sdm air jahe (jahe ditumbuk lalu seduh air panas)
3 bawang putih
Irisan daun bawang secukupnya
Penyedap rasa semacam royco (optional)

Bahan Kuah :

3 bawang putih rajang.
1 sdt merica bubuk.
irisan daun bawang.
Penyedap royco rasa ayam
Air secukupnya.

Cara Membuat :

- Campur semua bahan & bungkus dgn kulit wonton.
- Panaskan air lalu masukan wonton hingga matang
- Masukan bawang putih, merica bubuk, royco dan irisan daun bawang

Posted: Comments (0)

RUJAK BUAH

Kalau yang ini makanan favoritku dari kecil, pokoknya sama yang namanya rujak suka bangeeet. Dari yang mulai uleg, serut, asinan, rujak sayuran, gobet sampe rujak orang nujuh bulanan yang pake delima itu…semuanya suka. Di Bogor rujak langgananku mulai dari Asinan Gedung Dalam yang kalo belinya harus ngantri sampe rujak di gerobak si mamang di daerah air mancur, rasanya merem melek deuh… hehehe.

Bahan :

- Mangga yang agak asam
- Apel yang juga agak asam
- Timun
- Nanas
- Kol atau Tauge
- Kalau ada sih bengkuang dan pepaya muda (sayang di Den Haag sini susah nyari bengkuang dan pepaya muda)

Bumbu rujak :

- Terasi bakar sedikiiiit aja
- Udang kering (ebi) kira-kira 1/2 sdm, seduh pake air panas
- Cabe merah 6 buah tapi buang bijinya biar gak terlalu pedes
- Natur Azijn (cuka di Belanda, sama dengan di Indonesia tapi gak terlalu asem)
- Gula pasir seduh air panas dikit aja asal leleh
- Garam secukupnya
- Air dingin matang secukupnya

Cara Membuat :

- Serut tipis-tipis bahan buah, kol atau tauge sisihkan
- Haluskan cabe merah, terasi, dan udang kering
- beri garam dan larutan gula pasir
- tambahkan air dan cuka sesuai selera

Posted: Comments (0)

PECEL GURAME HARUM WIJEN

Anak-anak paling suka makan ikan, makanya harus banyak variasi masakan ikan nih di rumah, salah satunya pecel gurame ini. Jenis masakan ikan gurame ini ala-ala sunda gitu, enaknya dimakan pake lalapan atau tumis kangkung.
Bahan :

500 gr ikan gurame
1 sdt asam
1 sdm air
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus Perendam :

3 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
3 cm kunyit
1 cm jahe
11/2 sdt garam

Bahan Sambal :

3 buah cabe merah
3 buah cabe rawit
5 btr bawang merah
1 buah tomat
3/4 sdt terasi goreng
1/4 sdt gula pasir
1/2 sdt garam
1 sdt wijen sangrai (nah karena masih bingung dimana belinya jadi
aku gak pake padahal sih kebayang harum wijennya)

Cara Membuat :

- Cuci ikan, rendam dalam campuran air dan asam selama 15 menit
- Goreng ikan hingga kering dan matang
- Goreng cabe merah, cabe rawit, bawang merah, dan tomat hingga matang lalu haluskan
tambahkan terasi, garam, gula dan wijen sangrai
- sajikan deh dengan lalapan atau tumis kangkung

Posted: Comments (0)

MY FIRST CAKE IS…CHEESE CAKE !

Resep cheese cake ini aku dapat dari Agnes (thanks lagi ya Agnes !) gara-gara ngidam pengen green tea cheese cake tapi gak kunjung nemu resepnya.

Seumur-umur baru nih bikin cake, aduh kasian banget deh daku tapi alhamdulillah sukses walau tadinya sih hampir mau gagal gara-gara begitu si kue keluar dari oven, udah mau main lepas aja tuh loyangnya. Untung cepat diantisipasi hingga kemungkinan kegagalan bisa ditangani, hehehe. Harusnya dimasukin kulkas dulu sebelum loyang dibuka.

Waktu beli bahan agak-agak bingung juga sih seperti black cherry yang aku ganti aja pake cherry biasa meskipun warnanya merah tapi agak black dikit juga sih. Terus cream cheese-nya, ternyata di Belanda ini namanya room kaas, itu juga agak nebak-nebak ! eh bener aja waktu aku baca baik-baik resepnya Agnes disitu lengkap ditulis tentang cream cheese dan black cherry ini berikut cerita perjalanan berburu bahan-bahan lainnya.

Setelah berkutat di dapur dengan di bantu oleh dua asisten cilik (Rafdi dan Amira yang ikutan ngebantuin ngocok adonan)
Akhirnya taraaa…jadi juga kue pertamaku, aih senengnya walau bikinnya ngotorin perabotan sedapur :D

Gak lupa juga aku foto kuenya dengan berbagai pose. O ya penyajian frostingnya agak berbeda dari resep aslinya karena pertama aku agak giung ngebayangin pake olesan whiiped cream banyak-banyak udah gitu ceritanya hiasannya pengen ngikutin gaya cheese cake yang biasa aku beli, tapi masih jauuuuh :D

Berikut resep cheese cake-nya yang aku copy dari resep Agnes,…

Blueberry Cheesecake

Bahan utk crust (dasar cake) :
• 250 gr biscuit marrie
• 100 gr margarine lelehkan
• 1/2 sdt vanila bubuk
• 1 kaleng black cherry kalengan tiriskan syrupnya (300gr)

Bahan cake :
• 200 gr gula pasir
• 4 btr telur
• 1 kg cream cheese
• 250 gr sour cream

Bahan frosting :
• 250 ml whipped cream cair
• 1 sdm gula pasir
• 250 gr selai blueberry

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bongkar pasang 22 cm, olesi mentega (aku pake loyang 24cm)
2. Hancurkan biscuit hingga halus, tuang margarine leleh dan vanila, aduk rata.
3. Masukan adonan biscuit pada loyang, ratakan dan tekan2 sampai
padat. Oven sebentar 5-10 menit, angkat, sisihkan.
4. Adonan cake, kocok telur dan gula hingga kental dan mengembang,
masukan cream cheese dan sour cream bergantian sambil terus dikocok
sampai lembut.
5. Susun black cherry diloyang isi biscuit (diatas biscuit), lalu
tuang adonan cake, oven dengan cara au bain marie selama 90 menit,
angkat, dinginkan, keluarkan dari oven.
6. Dinginkan dalam lemari pendingin sampai 1 jam. Keluarkan.
7. Kocok whipped cream dan gula pasir sampai kental, olesi diatas
cake. Ratakan selai blueberry diatasnya, hias sesuai selera.
8. Simpan dalam lemari pendingin selama 4 jam.

Posted: September 6, 2007 Comments (0)

SOP IKAN KAKAP

Pernah nyoba sop ikan? saat pertama ngebayanginnya ugh rasaaya gak ada selera banget ya, kebayang amis gitu.
Tapi setelah nyoba Sop Ikan Nila di salah satu restoran sunda di Puncak ternyata jadi ketagihan, segeeer rasanya.
Resep di bawah ini pengennya sih niru yang sop ikan nila itu, tapi karena disini gak ada ikan nila jadi diganti pake ikan kakap aja.
Makanan ini kesukaan suami, nah kalau udah suami yang suka pasti terpercaya dong…katanya sop ini segeer dan tentu sarat gizi, cocok juga untuk anak-anak.

Bahan :
500 gr ikan kakap potong-potong
100 gr sawi asin
6 bawang merah, diiris tipis
3 bawang putih, diiris juga
3 buah tomat hijau ( di Belanda gak ada euy, jadi gak pake)
1 cm jahe, memarkan
1 sdt garam
3 sdm kecap ikan
30 gr ebi, sangrai lalu haluskan
1500 ml air untuk rebusan
1 sdt air jeruk lemon

Cara Membuat :
- Rebus bawang merah, bawang putih, tomat dan jahe hingga mendidih
- Masukan ikan kakap
- Setelah mendidih masukan sawi, garam, dan kecap ikan
- Tambahkan ebi, masak sampai bumbu meresap

Posted: September 5, 2007 Comments (0)

CHILLI CRAB



Sebenarnya Chili Crab ini makanan khas Singapura kalau di Indonesia menu ini hampir sama dengan rajungan saus padang. Rajungan saus Padang memang favorit keluargaku kalau mampir di restorant seafood apalagi waktu sempat ikutan suami ke Cilacap selama seminggu, makanannya ini melulu hampir tiap hari di pantai Cilacap. Sebulan setelah tinggal disini, surprise banget karena di Hobema (pasar besar di Den Haag) nemu si rajungan (beda loh ama kepiting) akhirnya nyobain deh resep Chilli Crab dari salah satu buku resep koleksiku hanya dimodifikasi tentu.

Bahan :
1 kg rajungan
2 cm terasi bakar, tumbuk kasar
2 sdm tauco
sedikit air jeruk nipis (untuk rasa asemnya)
3 sdm saus tomat
gula, garam dan minyak untuk menumis

Bumbu halus :
5 buah cabe merah
7 siung bawang putih
jahe (6 cm aja)

Caranya :
1. Setelah dicuci bersih, rebus rajungan hingga berubah warna
2. memarkan rajungan hingga agak remuk, biar gampang makannya :)
3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukan terasi bakar, tauco, saos tomat
4. kemudian beri garam dan gula sesuai selera
5. masukan kepiting beri air (kira-kira 250ml). Didihkan hingga kuah kental
terakhir perciki air jeruk nipis

Posted: May 1, 2007 Comments (0)

SOP ASPARAGUS RAJUNGAN

Resep ini sebenarnya warisan keluarga. Ceritanya, waktu masa SMP dulu, keluarga kami makan di salah satu restaurant seafood di Bogor. Semuanya terkesan ama sop asparagus rajungan yang memang merupakan menu baru waktu itu. Jadilah dirumah, ibuku ngikutin bikin sop ala restaurant itu. Hasilnya? sop ini jadi makanan favorit keluarga diwaktu santai…

Bahan :

  • Daging rajungan/kepiting (aku lebih sering pake rajungan) 200 gr-an lah!
  • Paha ayam 4 ptg, rebus lalu potong kotak-kotak kecil
  • Asparagus (bisa kalengan 1 klg bisa yang segar 5 btg)
  • 3 btr telur kocok, pisahkan
  • Maizena (larutkan dengan air dingin) sb pengental atau tepung kanji atau aci sih lebih enak…kira-kira 3 sdm, kalo kurang kental tambah lagi aja…suka-suka hehe..
  • air kaldu ayam (ambil dari rebusan paha ayam aja)

Bumbu :

  • Haluskan 7 siung bawang putih dan 8 bawang merah
  • merica
  • garam gula secukupnya
  • Saus Tabasco (ini yg bikin seger dan enak, rasanya asem-asem pedes) ini saus ala Mexico

Caranya :

  • Tumis bumbu halus, masukkan ayam tunggu hingga harum
  • Masukkan rajungan lalu beri merica secukupnya (untuk mengurangi amis)
  • Tuangi tabasco sedikit aja (3 tetes cukup untuk mengurangi amis juga)
  • Tambahkan air kaldu biarkan hingga mendidih, tuangi maizena sampai mengental
  • tambahkan telur kocok, sedikit-sedikit sambil aduk hingga menjadi seperti serat/remah, hidangkan dengan Tabasco
MAKANAN FAVORIT




Soto Banyumas


BAHAN :

1 ekor ayam
2 liter air
5 siung bawang putih, goreng sebentar lalu haluskan
1 batang daun bawang, iris halus
1 batang daun seledri, iris halus
3 sendok makan minyak untuk menumis
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica

PELENGKAP:
4 buah ketupat, potong-potong
50 soun yang telah direndam
100 gram taouge pendek
100 gram kol iris halus
3 sendok makan kecap manis
kerupuk warna-warni goreng

SAMBAL:
50 gram kacang tanah sangrai
4 buah cabai merah
4 buah cabai rawit
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula
1 sendok teh cuka
100 ml air

CARA MEMBUAT:

  1. Rebus ayam dalam 2 liter air sampai setengah matang, angkat, lalu suir-suir.

  2. Tumis bawang putih lalu tuangkan ke dalam rebusan ayam. Rebus kembali lalu tambahkan daun bawang, seledri, garam, dan merica. Rebus kembali sampai bumbu meresap.

  3. Buat sambal, haluskan semua bahan lalu tambahkan cuka dan air.

  4. Dalam mangkuk susun bahan pelengkap lalu siram dengan kuah panas.

  5. Sajikan bersama kerupuk, kecap manis, dan sambal.

untuk 10 porsi


SOTO BETAWI



Soto Betawi
Soto Betawi

Bahan :

11/2 lt air untuk merebus (bisa lebih tergantung kondisi daging)

750 daging sandung lamur ( kalau suka bisa dicampur dengan jeroan, babat, usus, paru dll)

4 sdm minyak sayur

750 santan cair

Bumbu :

2 lembar daun salam

1 btg sereh memarkan

3 buah jeruk limau, (jeruk sambal)

½ buah biji pala, biarkan utuh

1sdm kecap manis

1 btg kayumanis (3cm)

7 btg cengkeh

dihaluskan :

10 buah bawang merah

8 buah bawan putih

5 buah kemiri sangrai

1/sdt jintan sangrai

2 sdt ketumbar sangrai

Pelengkap :

2 buah tomat merah (potong dadu/juring)

emping

daun bawang iris

perkedel (kalau suka)

acar

sambal

jeruk nipis/jeruk limau

Cara membuat ;

  1. didihkan air, rebus daging hingga lunak.
  2. tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, masukan daun salam, sereh, air jeruk limau, pala, kecap.
  3. masukan kedalam rebusan daging, aduk rata didihkan
  4. tambahkan santan, aduk2 supaya santan tidak pecah, masak hingga seluruhnya matang (baik aroma bumbu dan dagingnya)
  5. potong2 daging, (kalau suka sebelum dipotong digoreng sebentar) sajikan dimangkuk tuang kuah soto, tambahkan pelengkapnya.
  6. santap selagi hangat.
putrapantaiselatan.blogspot.com















Reaksi:
Developer by Onmedia Solution | Design by Chefrohman